Cara Memperoleh Hak Paten Merek

Posted on

Cara Memperoleh Hak Paten Merek, Inilah Pengetahuan Yang Musti Dimiliki Oleh Seluruh Pengusaha Bahkan Juga Yang Masih Pemula. Ternyata, sejumlah pengusaha memilih untuk melakukan bisnisnya dulu sebelum mendaftar paten mereknya kepada Ditjen Hak Kekayaan Intelektual.

Hak Paten Merek

Untuk cara memperoleh hak paten Merek  bisa dilakukan dengan menentukan salah satu dari cara dibawah ini:

  1. Langsung datang ke Ditjen HKI
  2. Lewat Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI yang ada di setiap wilayah tanah air.
  3. Melalui Kuasa Hukum Konsultan HKI tercatat.
  4. Secara mendasar HKI yang berhubungan dengan bisnis terdiri dari 2 bagian, yakni hak cipta atau copyright serta Hak kekayaan industry yang mencakup, paten, design industry, Merek, antisipasi praktek persaingan yang curang, design tata letak sirkuit yang padu, serta rahasia dagang. Cara sederhana mendapat hak paten Merek ialah dengan mengisi form yang sudah tersedia didalam bahasa Indonesia serta diketik rangkap Empat. Selain itu terdapat sejumlah dokumen yang musti dilampirkan, ialah:

Surat pernyataan di atas kertas menggunakan materai cukup yang ditandatangani oleh pemohon jika yang berkaitan ialah pemilik Merek. Jika pengurusan paten Merek dilakukan oleh orang lain, surat kepemilikan Merek ini masih akan tetap ditandatangani oleh pemilik Merek. Jika permohonan pendaftaran didaftarkan lewat kuasa, semisal jasa pengurusan paten Merek maka musti menyertakan surat kuasa tersendiri.

Hak Kekayaan Intelektual

Bila pemohon merupakan badan hukum, maka musti  dilampirkan salinan sah akte pendirian badan hukum ataupun fotokopinya yang dilegalisir oleh yang mempunyai wewenang. Memberikan 24 lembar contoh etiket Merek dengan Empat lembar dilekatkan di form yang dicetak di atas kertas; Jika permohonan didaftarkan memakai hak prioritas, maka musti disertakan tanda prioritas asli dan terjemahannya didalam bahasa Indonesia.

  1. Fotokopi kartu tanda penduduk pemohon.
  2. Tanda pembayaran lunas dana permohonan.
  3. Periode waktu daftar hak paten semenjak awal permohonan sampai terbitnya sertifikat Merek ialah kurang lebih 18 bulan jika semua syarat sudah lengkap serta tidak ada keberatan dari orang lain. Untuk memperoleh informasi yang lebih jelas Kamu bisa mengakses web resmi Ditjen HKI. Satu hal lagi yang terpenting untuk kita ketahui, sebelum mendaftar paten Merek, lakukan pencarian terlebih dulu dengan berkunjung ke data base Ditjen HKI untuk memperoleh informasi apakah Merek yang Kamu rencanakan untuk dipatenkan sebelum-sebelumnya tidak pernah dipatenkan oleh pihak lain. Kesamaan ini dapat saja terjadi tanpa sengaja. Meskipun cara memperoleh hak paten Merek memang terdengar lumayan ribet, namun percayalah jika Kamu bakal mendapatkan benefit yang lebih besar. http://www.pendaftaranmerekdagang.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.