Promosi Utama Wisata Indonesia dan Australia Adalah Bali!

Posted on

Bali masih selaku daya tarik wisatawan mancanegara, terutama Australia. Beberapa destinasi pariwisata di Bali masih jadi perhatian dunia. Pomi, perempuan asal Belgia, sudah lama menetap di Melbourne. Dia kerja di restoran Italia dan sering ke Bali tuk liburan. “Selain ke Bali saya pun ingin ke Lombok juga Papua,” ujar wanita berambut keriting. Pomi dengan rekannya kenal Indonesia ketika ke Bali 2014 kemarin. Sejak saat itu ia jatuh cinta dengan Indonesia dan ingin tahu sedikit banyak mengenai Indonesia.

Dia berencana liburan akhir Maret 2017 ini ke beberapa daerah di Indonesia lagi, tergolong Jakarta. Karena terkesima dengan Indonesia, dia malah sudah bisa beberapa kosakata Indonesia. Indonesia sungguh menjadi tujuan wisata buat warga dunia, apalagi Bali. Tinggal gimana pemerintah mewujudkan Bali, outlet tujuan tuk beberapa daerah lain. Banga Malewa, Konsul Muda Ekonomi KJRI di Australia menjelaskan pentingnya semua seller di Indonesia memperbaharui produk destinasi mereka pada buyer di Australia. “Hingga bisa dipromosikan pada turis asal Australia,” ucapnya di acara table top meeting.

Kemenpar kala ini ingin memperlihatkan keindahan Indonesia yang lain, tak hanya dimiliki Bali. Mau tidak mau, Bali menjadi gerbang untuk turis kenal daerah lain. Karena 85% orang Australia berangkat ke Bali, jadikan Bali sebagaimana backyard bagi mereka. Direktur Sales serta Pemasaran Tjendana Corporation, Jenica Tjendana menerangkan pihaknya memiliki 6 produk yang selaku fokus pengembangan. “Yaitu Gilimanuk, Uluwatu, Singaraja, Nusa Dua, Nusa Lembongan, Nusa Penida,” ujar perempuan itu. Jeni menambah, Nusa Lembongan jadi fokus mendasar karena ada tren anyar turis mancanegara kesana. Nusa Lembongan terbilang bagian Bali, tapi memiliki budaya yang kian kental. “Bahasa Balinya beda dan cara sembayangnya pun berbeda, kebanyakan disana Hindu,” terangnya.

Pulau kecil Lembongan ibarat Bali 20 tahun lampau. Masih jarang kendaraan disana. Penduduknya bertani rumput laut, tiap pukul 1 – 5 pantainya surut, hingga jadi momen panen rumput. jendana Corporation pun merencanakan 2 tahun lagi ingin kembangkan produknya di Singaraja. Hal tersebut dipicu rencana pemerintah mendirikan bandara internasional terbaru di Singaraja. “Disamping itu, kita lihat turis telah bosan dengan Seminyak,” ujar Jeni. Destinasi di Bali yang telah mendunia yaitu Hanging Garden di Ubud. Villa privat di Desa Buahan, Payangan tersebut kerap meraih sorotan media dunia.

“Tanpa kami tahu, Conde Nest Traveler, tetapkan kami tujuan nomor 1 yang kalahkan Marina Bay,” ungkap Ade Cairini Nur Sah Fitri, owner Hanging Garden. Menurutnya, produk sudah 2 tahun ini, bersaing pada Singapura. Daya tariknya merupakan pengunjung bisa menikmati hutan lebat alami di sekeliling Sungai Ayung. “Tiap jam 7 pagi, monyet datang tuk say hello,” ujarnya.

Ditambah daya tarik kolam infiniti 2 tingkat dengan visual hutan lebat. Kolam dibuat serasi dengan struktur tanah aslinya. “Hingga arsitek banyak tertarik bermalam. Sekitar 3.000 media dari sejumlah negara sering mengulas. Termasuk soal pura gantungnya,” imbuh Fitri. Dengan tujuan wisata yang diupgrade. Juga promosi yang gencar serta terorganisir dengan baik, pasti target wisatawan luar negeri dari Australia atau negara lain akan mudah diperoleh.

Kementerian Pariwisata pun mengenalkan 10 tujuan tiket prioritas Indonesia ke pelaku bisnis di Australia. Menjadi langkah makin memperkenalkan Indonesia pada warga Australia. Hubungan baik antara negara ini telah dibuktikan dengan aktivitas Wonderful Indonesia Festival Beach 2017 yang ada di St. Kilda Beach 21-22 Januari lalu. Sebanyak puluhan ribu wisatawan mendatangi festival itu.

Kali ini, Kemenpar mengadakan pertemuan antara seller & buyer dilakukan di Pullman Hotel, Victoria, Australia. Atraksi tari jaipong dari Saman Melbourne serta lagu-lagu daerah persembahan Malang Amore Carnival menjadi acara meriah. Kemenpar ingin memperkenalkan segera 10 destinasi prioritas itu kepada pelaku bisnis pariwisata di Australia. Pada sebuah ajang table top meeting demi memudahkan interaksi seller & buyer.

Kemenpar membuka promosi pariwisata di Australia ini tak cuma faktor kedekatan semata. Turis asal Australia adalah urutan keempat terbanyak berkunjung ke Indonesia. Data per Januari sampai Oktober 2016 memperlihatkan 1.011.077 orang Australia yang berekreasi ke Indonesia. Tumbuh 13,35% disandingkan kunjungan 2015 yang menduduki 891.976 wisman alias wisatawan mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.